Program Studi Ilmu Pemerintahan

KURIKULUM PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN

 

STISIP PETTA BARINGENG

I. PROFIL

Departemen/Program Studi Ilmu Pemerintahan STISIP Petta Baringeng, melaksanakan pendidikan dibidang ilmu pemerintahan yang bermutu dalam rangka menghasilkan lulusan yang berdaya saing secara moral maupun akademis yang bermanfaat bagi masyarakat. Program Studi Ilmu Pemerintahan STISIP Petta Baringeng, juga mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri dan masyarakat pada umumnya. Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP.).

Prospek Kerja Program Studi Ilmu Pemerintahan STISIP Petta Baringeng, memberikan pengetahuan dan pendidikan kepada para peserta didik agar menjadi tenaga yang terlatih, terampil, dan profesional, sehingga menghasilkan lulusan/alumni yang berdaya saing secara moral maupun akademis yang bermanfaat bagi masyarakat. Selama ini Program Studi Ilmu Pemerintahan telah menghasilkan lulusan yang menempati posisi di lapangan sebagai: Aparat Pemerintah/Birokrat di tingkat Pusat/Daerah Asisten Peneliti Staf untuk Anggota Legislatif Pusat/Daerah Anggota Legislatif Pusat/Daerah Anggota Partai Politik Aktivis LSM/Ormas Jurnalis Pemerintahan/Politik Konsultan Pemerintahan Tenaga Pendidik/Dosen.

Program Studi Ilmu Pemerintahan STISIP Petta Baringeng mengasuh Empat program pendidikan kekhususan/peminatan antara lain:

  1. Pemerintahan Digital/E-Government
  2. Pemerintahan dan Keuangan Daerah
  3. Pemerintahan Kota
  4. Pemerintahan Desa

II. VISI

Menjadi program studi yang memiliki keunggulan kualitas proses akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang Ilmu Pemerintahan dalam bidang kajian Pemerintahan Digital, Keuangan Daerah, Pemerintahan Kota dan 1Stisip Petta Baringeng-2022 Pemerintahan Desa yang diakui secara local, nasional dan global pada tahun 2027.

III. MISI

  1. Melaksanakan pendidikan bidang ilmu pemerintahan yang bermutu dalam rangka menghasilkan lulusan yang berdaya saing secara moral maupun akademis yang bermanfaat bagi masyarakat.
  1. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri dan masyarakat pada umumnya.
  1. Melaksanakan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance).
  1. Menerapkan sistem manajemen profesional berbasis transparansi dan akuntabilitas untuk menciptakan hubungan kelembagaan yang efektif dan efisien.
  1. Menjalin kerjasama dalam bidang pengembangan akademik, serta meningkatkan serta mengembangkan pengelolaan penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat (PKM) secara berkesinambungan dengan menerapkan prisnsip kesetaraan, kemitraan, dan saling percaya.

III. TUJUAN

  1. Terlaksananya kegiatan pendidikan di bidang ilmu pemerintahan dengan menggunakan kurikulum pemerintahan yang bermutu untuk menghasilkan lulusan bidang ilmu pemerintahan yang kompeten dan bersaing dalam level lokal, nasional, regional, dan internasional;
  1. Tercapainya peningkatan lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan yang memiliki integritas tinggi, berkarakter kuat, berwawasan, dan berdaya saing lokal, nasional, regional, dan internasional.
  1. Tercapainya kemampuan lulusan untuk berdaya saing dalam bursa tenaga kerja.
  1. Terwujudnya peningkatan kemampuan dosen dalam melakukan penelitian ilmiah baik dari segi kuantitas maupun kualitas penelitian yang menitikberatkan kepada kajian Pemerintahan Digital, Keuangan Daerah, Pemerintahan Kota dan Pemerintahan Desa; yang mempunyai relevansi dan berguna bagi yang berkepentingan dan masyarakat luas.
  1. Terlaksananya kegiatan dosen dalam melakukan pengabdian pada masyarakat yang mampu menopang pembelajaran serta kemajuan keilmuan di bidang Ilmu Pemerintahan yang dapat diaplikasikan bagi pemerintah, privat, dan masyarakat luas.
  1. Terbentuknya organisasi dan manajemen Program Studi yang transparan dan akuntabel.
  1. Terwujudnya hubungan kerja sama dengan berbagai mitra kerja dalam maupun luar negeri sebagai mitra strategis Program Studi Ilmu Pemerintahan.
  1. Terlaksananya hubungan kerja sama untuk kepentingan penyediaan kesempatan kerja, magang, praktikum, dan pelatihan pembelajaran.
  1. Terlaksananya kerjasama Tri Dharma dan pendanaan riset serta beasiswa bagi mahasiswa.

Terakreditasi Oleh BAN-PT

Profil Lengkap Dapat di Akses pada laman
https://pddikti.kemdikbud.go.id/

Kelas Hybrid

Tatap Muka+Online

STISIP PETTA BARINGENG

nYmQyIpA_2x

"Menuju Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Sistem Kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (KMB-MB) Berbasis Teknologi Informasi"

Info : stisippb.ac.id
Email : register_mahasiswa@stisippb.ac.id
Kampus Utama : Jalan Poros Salaonro Kelurahan Ujung Kecamatan Lilirilau Kab. Soppeng - Sulawesi Selatan Kode Pos 90871
Tlp/Fax 0484-421512

Pendaftaran